Selasa, 22 Mei 2012

Jatuh dengan Gaya



Beberapa hari lalu, lagi-lagi menonton Toy Story. Entah untuk yang keberapa kali. Di film ini, ada dialog favorit saya, yang belakangan juga menjadi dialog favorit anak lanang saya. Ini adalah dialog pendek antara Woody dan Buzz Lightyear ketika mereka berdua terlontar ke udara saat mengejar truk pindahan yang berisi semua mainan Andy.



Woody: “Kau terbang, Buzz.”
Buzz Lightyear: “Ini bukan terbang. Ini jatuh dengan gaya.”


Buzz Lightyear adalah tokoh petualangan luar angkasa, jadi seharusnya dia bisa terbang. Sayang, Buzz “hanya” mainan, dia tidak benar-benar bisa terbang, Jadi, ketika mereka terlontar ke udara, Buzz dan Woody yang dipegangnya bersiap meluncur jatuh. Tapi, mereka berdua sepertinya menikmati. Meskipun tahu akan jatuh, Woody menganggap mereka sedang terbang, sedangkan Buzz menyebut mereka sedang jatuh, tapi dengan gaya.

Tidak jarang kita membuat lelucon-lelucon kecil mengenai masalah yang sedang kita hadapi. Bukan berarti kita menganggap remeh masalahnya. Sama sekali tidak. Masalah yang ada tetaplah serius, tapi sering kali lelucon-lelucon yang kita lontarkan entah bagaimana membuat pikiran lebih ringan sehingga kita tetap bisa bersikap positif.  Seperti yang kemudian diteriakkan Woody saat mereka “terbang”, “Menuju tak terbatas dan melampauinyaaaaaa ….”

Sikap positif ini memunculkan energi positif yang membuat kita lebih tenang dan mengarahkan upaya untuk mencari solusi yang tepat [saya meyakini hal ini]. Buzz memang tidak benar-benar bisa terbang, tetapi karena tidak panik, dia setidaknya bisa mengarahkan sayapnya supaya kalaupun jatuh, mereka jatuh di tempat yang diinginkan. Dan syukur-syukur, itu mengatasi masalahnya. 



Tidak ada komentar :

Posting Komentar