Selasa, 28 Oktober 2014

90 Days Project — Jamur Tiram Krispi

#makanan

Jamur tiram goreng krispi pernah menjadi makanan favorit di rumah. Sering banget saya masak ini. Sampai kemudian lidah orang serumah sudah terlalu terbiasa karena terlalu sering terpapar makanan ini. *hadeh istilahnya*

Sebenarnya saya cuma mau bilang kami sampai pada taraf bosan, hehe. Akhirnya stop masak jamur tiram goreng krispi. Drastis.

Minggu kemarin pas ke warung sama anak lanang dan dia lihat jamur tiram, dia langsung minta dimasakin jamur goreng. Nah lho. Sekian lama berpisah akhirnya bertemu kembali.

Jamur goreng krispi sebenarnya bisa untuk alternatif lauk sarapan karena memasaknya tidak ribet.


Bahan:

- jamur tiram 1-2 bungkus, pilih yang masih segar (tidak lembek)
- minyak goreng
- tepung.
Sebenarnya kalau mau praktis, tepung bumbu bisa menjadi alternatif, tetapi biasanya tepung bumbu ada MSG-nya dan sebisa mungkin saya menghindarinya. Tapi sekarang ada tepung bumbu tanpa MSG, cuma kelihatannya belum banyak dijumpai di supermarket atau warung.
Alternatif lain adalah menggunakan tepung terigu dan tepung beras (1:1) atau sesuai selera. Campurkan dengan lada bubuk, garam halus, dan bawang putih bubuk. Masukkan ke stoples dan kocok-kocok sampai tercampur.

Cara memasak:
1. Cuci bersih jamur tiram dan peras airnya, kemudian suwir-suwir.
2. Masukkan jamur tiram yang sudah disuwir-suwir ke dalam stoples berisi tepung. Kocok-kocok sampai semua suwiran jamur terbalut tepung.
3. Buka stoples, dan pisahkan jamur dengan tepungnya. (Oya, kalau tepungnya sisa, bisa disisihkan untuk membuat adonan mendoan. Ngirit, ya. Hehe)
4. Diamkan jamur tiram sebentar sampai tepung benar-benar menempel. Bisa juga memasukkannya ke dalam lemari es sebentar, katanya bisa menambah renyah.
5. Jamur tiram siap digoreng. Menurut acara memasak di TV, masakan akan lebih awet krispinya jika digoreng dua kali. Saya pernah mencobanya dan memang betul.

Jamur tiram goreng siap disantap bersama cocolan saus atau mayones.




6 komentar :