Rabu, 22 Oktober 2014

90 Days Project — Merayakan Hari Pangan Sedunia


#perjalanan


Hari Minggu kemarin, 19 Oktober, sepanjang hari seru-seruan bareng anak-anak gereja, ada sekitar 20-an anak. 

Pagi-pagi, pukul setengah enam, mereka sudah berkumpul di tempat yang disepakati untuk pergi bersama ke gereja. Bukan gereja tempat kami beribadah, melainkan gereja di paroki (wilayah) lain yang jaraknya kira-kira 15-an kilometer. Mereka mendapat tugas paduan suara untuk Misa Kudus pukul 07.00, jadi harus berangkat sepagi mungkin supaya tidak terlambat. Dan tidak ada satu pun anak yang telat berkumpul. Hebat!

Dan, coba tebak kendaraan apa yang dipakai oleh mereka? Bukan mobil, bukan bus. Mereka naik kereta mini. Seru, kan? Biasanya naik kereta mini paling hanya seputaran alun-alun, atau keliling kampung. Tapi ini jaraknya lumayan jauh. Pantas saja kebanyakan dari mereka sudah sedia jaket dari rumah.

Armada kereta mini. Yang berpose di depan itu anak lanang. *siapa.yang.nanya?* hehe

Hari Pangan Sedunia di Gereja

Anak-anak hebat siap melayani.

Dalam rangka merayakan Hari Pangan Sedunia 16 Oktober, gereja tempat anak-anak itu bertugas ikut berpartisipasi dengan cara yang kreatif dan edukatif. Bunga-bunga dan dedaunan cantik yang minggu-minggu biasanya menghiasi altar digantikan dengan buah-buahan, sayur, dan berbagai hasil bumi.

Altar "kreatif"


Gunungan buah


Persembahan kasih umat pun terdiri dari berbagai hasil bumi yang dibuat beragam kreasi. Salah satunya gunungan.


Begitu Misa Kudus selesai, umat berkumpul di halaman gereja. Surprise untuk kami yang bukan anggota gereja tersebut, ternyata di halaman gereja sudah menjulang gunungan hasil bumi yang lebih besar, serta dua gunungan lain yang lebih kecil. 

Tidak hanya itu, ada juga ketela pohon berukuran jumbo dan buah-buah kelapa yang dirangkai dengan bambu, serta makanan-makanan lain yang ditempatkan dalam wadah cantik beralas daun.




Gunungan besar

Setelah Romo selesai memimpin doa dan memberikan berkat, umat “berpesta” dengan berebut isi gunungan. Semua ikut berebut. Yang mendapatkan banyak berbagi kepada yang lain. Kebersamaan yang sederhana, tapi sarat nilai.

Umat berpesta

Berkaitan dengan Hari Pangan Sedunia, gereja mencanangkan tema “Makanan Sehat, Keluarga Sehat”. Sebuah edukasi kreatif yang sangat bagus untuk membangun pemahaman dan kepedulian umat akan pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi.

Salut!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar