Kamis, 08 Januari 2015

3 Proyek 2015


2014 berlalu dengan banyak kepedihan dan keseruan, tetapi ada harapan dan pembelajaran besar yang dibawa bersamanya. Tetap bersyukur.

2015 membentang dengan segenap tantangan. Beberapa hari kemarin berpikir target apa yang ingin saya capai tahun ini supaya hari ke hari selama tahun ini tidak lewat begitu saja dengan segala rutinitasnya. Ada hal-hal yang ingin saya capai dan saya lakukan di luar pekerjaan sehari-hari. 

Tahun ini saya menetapkan ada 3 target atau 3 proyek yang ingin saya lakukan dan kejar. Semuanya tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, tetapi ketiganya adalah hal yang saya sukai dan nikmati. Mengapa hanya 3? Sengaja, karena ketiganya akan berjalan bersamaan dan berjalan sepanjang tahun. Kalau terlalu banyak, khawatir salah satunya atau malah semuanya tidak optimal. Lagipula, prioritas tetap perlu karena prioritas itu menyederhanakan hidup. Hehehe.

1. Ikut Baca Bareng dan Posting Bareng BBI
Supaya pengalaman menulis review buku di bacabukuseru lebih menantang dan lebih bervariasi, saya mau ikut event Baca Bareng 2015 BBI (Blogger Buku Indonesia). Berikut ketentuannya:

  • Januari: Buku Secret Santa, dipos tanggal 30 Januari 2015. Karena tidak ikut Secret Santa BBI 2014 kemarin, Januari ini saya akan mem-posting review buku yang pengen sekali dimiliki sejak akhir tahun kemarin.
  • Februari: Profesi, yaitu buku-buku yang di dalamnya dijelaskan cukup rinci mengenai profesi tokoh-tokohnya. Misalnya, Twivortiare Ika Natassa yang menjelaskan profesi bankir. Dipos tanggal 27 Februari 2015
  • Maret: Adaptasi buku ke film atau film ke buku, misalnya The Fault in Our Stars, Supernova, dll, dipos tanggal 31 Maret 2015.
  • April: Buku yang sudah diterbitkan yang sebelumnya dipos online (wattpad, blog, forum, dll), misalnya Coup(L)ove Rhein Fathia, Kambing Jantan Raditya Dika, dll., dipos tanggal 30 April 2015.
  • Mei: Buku bertema Hak Asasi Manusia dan kritik sosial, misalnya I am Malala, Kumpulan Puisi Wiji Thukul, A Time to Kill John Grisham, dll., dipos tanggal 29 Mei 2015.  
  • Juni: Budaya dan setting Indonesia, misalnya Laskar Pelangi Andrea Hirata, Lampau Sandi Firly, dll., dipos tanggal 30 Juni 2015
  • Juli: Kenakalan anak-anak, misalnya serial Malory Towers Enyd Blyton, serial Anak-anak Mamak Tere Liye, dll., dipos tanggal 31 Juli 2015.  
  • Agustus: Seputar Perang Dunia I dan II, misalnya Code Name Verity Elizabeth Wein, A Farewell to Arms Ernest Hemingway, dll., dipos tanggal 28 Agustus 2015.
  • September: Sastra Eropa, misalnya buku-buku Jane Austen, Leo Tolstoy, dll., dipos tanggal 30 September 2015.
  • Oktober: Horror, misalnya buku-buku Eve Shi, R.L. Stines, dll., dipos tanggal 30 Oktober 2015.
  • November: Detektif / Thriller / Misteri, misalnya Gone Girl Gillian Flynn, Da Vinci Code Dan Brown, Agatha Christie, dll., dipos tanggal 27 November 2015
  • Desember: Baca bareng 1 judul, ditentukan kemudian, dipos tanggal 28 Desember 2015.

2. Membuat Tulisan Berseri di Blog
Ini sudah direncanakan dari akhir tahun kemarin, tetapi sampai sekarang masih galau menentukan tema yang dipilih. Sudah ada beberapa “kandidat” tapi masih ditimbang-timbang lagi. Semoga bisa berjalan dan bertahan sampai selesai. Amiiin.


3. Belajar Menjahit
Ahhaayy. Sudah mantep banget tahun ini pengen serius belajar menjahit. Sebenarnya, sudah bisa menjahit sih, tapi masih sedikiiiiiit. Kalau harus menjahit pakaian, saya masih galau to the max karena tidak bisa membuat pola. Bisanya membongkar pakaian yang sudah jadi, kemudian ditiru, dan dijahit semampunya. Hehe. Karena itu, tahun ini mau lebih serius belajar menjahit.
Akan dimulai dengan kursus menjahit. Hhhmmm, pengennya sih tahap awal adalah kursus membuat pola pakaian yang saya benar-benar buta. Sekarang ini saya baru pilih-pilih tempat kursus yang tempat dan waktunya memungkinkan. Beberapa teman menyarankan masuk LPK sekalian, tetapi jelas waktunya tidak memungkinkan karena jadwalnya pasti tidak fleksibel. Karena itu saya masih mencari-cari modiste atau penjahit yang juga membuka kursus menjahit tanpa harus masuk kelas. Yang seperti itu sepertinya waktu belajarnya lebih fleksibel. Semoga.

Jadi, sebenarnya tema tahun ini adalah "lebih menikmati" apa yang disukai—membaca, menulis, menjahit. Semoga tetap menginspirasi. Semangaat.

4 komentar :

  1. Yosh. Semoga ketiganya bisa dikerjain dengan mantap ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap yap, semoga. Makasiih. Makasih juga sudah mampir. :)

      Hapus
  2. Keren, Bu! Semoga tercapai ya!
    Aku berharap tertular virus bersemangatmu. ^.^
    Tentang menjahit, aku inget ponakan Pakne. Dia baru saja lulus jurusan Psikologi tetapi belajar menjahit dengan ibunya sendiri. Ingin menjadi penjahit, jarene. Walah, mungkin 'passion'nya di luar 'kuliahe' ya?
    Tulari aku semangat menulismu, Bu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiyaaa. Aku tertular dina niiii.
      Belum dapet tempat kursus, hiks. Masih mencari2.

      Hapus