Rabu, 07 Januari 2015

Pasar Freelance Online, Apa Saja Keuntungannya?

Dunia kerja sangat dinamis. Pilihan jenis pekerjaan dan tempat kerja menjadi semakin beragam. Kita lebih leluasa memilah dan memilih pekerjaan. Jika jeli, hal ini membuka banyak sekali kesempatan dan pilihan, apalagi didukung dengan koneksi internet yang semakin mudah dan semakin murah.

Bekerja freelance kemudian menjadi alternatif yang banyak dilirik karena seorang freelancer bebas menentukan kapan kita harus bekerja, berapa lama kita bekerja, dan dalam banyak kasus, bahkan seberapa besar kita ingin dibayar. Job yang bisa “dikejar” pun sangat bervariasi. Kini pasar online menjadi incaran bagi insan-insan kreatif yang enggan terjebak rutinitas bekerja “9 to 5”. 

Pasar online (online marketplace) yang banyak diserbu freelancer adalah oDesk dan Elance—pasar online kelas internasional. Di Indonesia kini ada Projects. Di sanalah para pencari kerja (freelancer/worker) dan para pemilik proyek (klien) kerja bertemu. 

Di pasar online, para pemilik proyek memasang proyek (pekerjaan) beserta budget yang mereka miliki dan deadline pengerjaan proyek. Para freelancer akan menawar proyek tersebut. Freelancer juga perlu membuat portofolio yang bisa dilihat oleh klien supaya mereka bisa melihat kapasitas dan kesesuaian freelancer dengan proyek mereka. 

Satu proyek biasanya di-bid (ditawar) oleh banyak freelancer. Di sinilah tantangannya. Oleh karena itulah portofolio sangat penting. Dan ketika seorang freelancer bisa memenangkan sebuah proyek, hal itu akan tercatat dalam profilnya. Ini bisa menambah nilai plus ketika ia mem-bid proyek selanjutnya.

Lalu, apa saja keuntungan menjadi freelancer di pasar online?

1. Leluasa Memilih Job
Di pasar online, ada banyak sekali klien yang memasang proyek atau job yang bisa di-bid. Setiap proyek yang di-publish biasanya disertai dengan detail pekerjaan, budget maksimal, dan juga track record klien. Kita tinggal pilih dan pilah yang sesuai dengan keterampilan, fee yang kita harapkan, tenggat waktu yang memungkinkan, dan juga track record klien yang sesuai dengan standar kita.

2. Iklim Kerja Lebih Fair
Seperti halnya seorang worker tentu memilih klien yang bisa dipercaya, klien pun akan memilih worker yang mumpuni dalam bidangnya. Ini akan memicu para worker (freelancer) untuk membuat portofolio yang semakin memikat dan juga menambah keterampilan yang dibutuhkan. Klien biasanya membuat feed back untuk worker yang pernah bekerja dengannya. Ini juga memicu worker untuk bekerja sebaik-baiknya dan tepat waktu supaya mendapatkan feed back yang baik dari klien. Ini sangat berpengaruh pada track record-nya di pasar online yang dia masuki.

3. Hemat Biaya
Tidak perlu biaya transpor untuk pergi ke lokasi kerja karena semua dikerjakan secara online adalah keunggulan besar pekerjaan seorang freelancer. Ini juga keuntungan pagi klien karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya untuk rekruitmen pekerja profesional, juga tidak perlu menyiapkan tempat dan fasilitas lainnya bagi pekerjanya. Mereka tinggal pasang proyek di pasar online dan tinggal pilih freelancer profesional yang sesuai dengan standar mereka.

4. Dikelola oleh Sistem Profesional
Setiap transaksi kerja dan transaksi pembayaran di pasar global atau pasar online dikelola dan diatur oleh sistem yang sudah matang dan profesional. Kita tidak perlu susah-susah menagih pembayaran kepada klien karena sudah ada sistem dan aturan yang mengaturnya. Pasar global tidak hanya mencatat track record pekerjanya, tetapi juga track record para klien pemasang proyek. Klien tentu tidak ingin track record-nya di pasar online buruk karena itu akan menghambatnya dalam pemasangan proyek berikutnya.

5. Penghasilan Sampingan
Seorang freelancer yang bersungguh-sungguh dalam bidangnya bisa mendapatkan manfaat lebih dari pekerjaannya di pasar online. Misalnya, ia bisa menuliskan dan membukukan setiap detail pengalamannya bekerja di pasar online dan menjualnya sebagai e-book. Kini pasar online juga ada yang menawarkan fitur penjualan produk digital. Ia bisa memanfaatkan itu untuk memasarkan e-book. Keuntungan lain, ia juga bisa menjadi afilliate marketer pasar online tersebut di blog pribadinya (jika ia punya blog). Dengan begitu ia bisa mendapatkan tambahan penghasilan dari setiap worker dan klien yang bergabung dari link-nya.

Menarik, kan?

1 komentar :