Selasa, 30 Desember 2014

90 Days Project — Selesai!


Proyek 90 hari terakhir 2014 berakhir sudah. 90 hari yang seru dan sarat pemahaman baru. 
 
***

Idenya sederhana, its about enjoying the new little things. Melakukan hal-hal baru dan sederhana yang belum pernah dilakukan atau yang sudah lama tidak lagi dilakukan. 

Mengapa tergerak ikut membuat proyek akhir tahun? Belajar dari sebuah perjalanan (setidaknya perjalanan saya), perjalanan pulang biasanya lebih diwarnai dengan tidur kelelahan dan melewatkan pemandangan dari sisi lain kendaraan. Pun, mengakhiri tahun biasanya saya lebih banyak santai, sibuk melihat ke belakang, dan berhitung, sering abai bahwa masih ada beberapa hari sampai akhir tahun yang sama berharganya dengan hari-hari lain yang sudah berlalu. Juga supaya saya belajar bagaimana memiliki semangat yang sama besarnya dengan ketika memulai tahun ini. Dan yang terpenting adalah menikmati prosesnya. 

Mengapa “enjoying the new little things? Mencurahkan perhatian pada hal-hal kecil yang tidak mendesak (dan tidak masalah jika tidak dilakukan, apalagi tidak bersentuhan langsung dengan kehidupan pribadi kita) perlu tekad kuat. Saya yakin ada hal besar yang dibawa bersamanya. Musti dicoba.

***

Demikian yang saya tulis pada waktu hendak menjalankan proyek ini. Dalam prosesnya sampai selesai pada hari terakhir 2014 ini, banyak hal yang saya dapatkan, entah untuk diri sendiri atau dalam hal hubungan dengan orang lain, serta dalam pekerjaan. Lebih banyak pengetahuan didapat, lebih peduli pada kondisi sekitar, lebih dekat dan mengenal keluarga dan teman-teman, lebih fokus pada pekerjaan, lebih rajin [belajar] menulis, dan yang jelas saya jadi lebih bersyukur atas segala sesuatu, atas tahun 2014 yang hampir berlalu, atas pekerjaan dan segala sesuatu yang berkaitan dengan itu, atas kesehatan, atas orang-orang yang selalu ada dan mendukung saya. Bahkan, bersyukur atas kesulitan dan tantangan yang tidak mudah karena itu ternyata adalah raksasa penjaga berkat.

Pembelajaran terbesarnya adalah bertahan pada komitmen yang sudah dibuat untuk menyelesaikan rencana sampai selesai. Betapa sering kita (baca: saya) menggebu-gebu di awal, surut di tengah-tengah, dan lalu lupa untuk melanjutkan. Selama 90 hari terakhir ini saya benar-benar belajar menepati janji kepada diri sendiri, tidak berhenti di tengah jalan, menikmati setiap detail prosesnya, dan menarik pelajaran penting dari semua itu.

Semoga tahun depan kehidupan kita lebih baik dan lebih berkualitas. Selamat Tahun Baru 2015.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar