Selasa, 16 Desember 2014

90 Days Project — Ngawul Rame-rame

#rupa-rupa

Ngawul = belanja pakaian awul-awul (acak-acakan)

Hari gini, siapa yang tidak tahu pakaian awul-awul atau sandang murah. Di Jogja, dulu, setiap acara Sekaten tiba, stand awul-awul selalu ada dan diserbu. Namun kini, tidak perlu menunggu Sekaten, “distro” awul-awul sudah tersebar di beberapa tempat di Jogja. Salah satu yang lumayan dikenal adalah Pujha. Di Pujha, pakaian awul-awul bisa didapat dengan kisaran harga 5 ribu sampai 35 ribu rupiah. 

Pandangan miring terhadap pakaian awul-awul agaknya sudah tersingkir. Maraknya bisnis pakaian awul-awul dan besarnya minat kawula muda untuk membeli pakaian awul-awul bisa menjadi indikasinya. Dilihat sekilas, pakaian awul-awul memang terlihat kusut dan kotor. Namun, jika kita sabar dan cermat memilih, kita bisa mendapatkan pakaian yang bagus dan warnanya pun masih kinclong. Tidak kalah dengan pakaian distro. 

Sebelumnya, saya juga tidak ada keinginan untuk belanja di awul-awul. Namun, sejak ada teman kantor yang hobi sekali hunting ke awul-awul, teman-temannya ketularan. Termasuk saya. ^_^

Ngawul rame-rame itu lebih seru daripada ngawul sendirian. Semakin banyak teman, semakin betah ngawul. Jiaaaa. Jadi, kemarin pas diajak ngawul bareng-bareng, saya langsung hayuuuk aja. Untunglah saya pas tidak bisa berlama-lama, jadinya tidak khawatir bakal kalap. Hasil hunting kemarin cuma dua, satu blouse dan satu kaos. Masing-masing 20 ribu. Lumayan, kan.


Tips belanja di awul-awul

1. Sabar dan cermat
Pakaian awul-awul digantung dengan posisi yang rapat, sehingga perlu kesabaran untuk menyibak satu per satu. Kalau pengalaman saya belanja di awul-awul, bagi saya, kecemerlangan warna adalah prioritas. Biar baju kelihatan baru meskipun belanja di awal-awul. Haha. Jadi, begitu masuk toko awul-awul, biasanya saya screening sekilas. Kalau ada yang terlihat cemerlang, langsung saya dekati. Baru kemudian melihat model dan ukurannya, sesuai atau tidak. Selama ini, cara tersebut cukup jitu untuk membuat saya tidak perlu berlama-lama karena ….. (ke nomor 2)

2. Mengenakan masker
Hidung saya lumayan sensitif dengan debu dan bau-bauan. Pertama kali mencoba masuk ke awul-awul tanpa masker, saya hanya bersin-bersin terus tanpa bisa berkonsentrasi memilih pakaian. (Beli pakaian perlu konsentrasi juga kan? Biar tidak menyesal belakangan. hehe). Jadi, jika Anda memiliki hidung yang sensitif seperti saya, lebih baik ke mana-mana membawa masker. Siapa tahu ada teman yang tiba-tiba mengajak ke awul-awul. #eh

3. Teliti sebelum membeli
Membeli pakaian biasa saja perlu teliti, apalagi beli pakaian di awul-awul. Teliti kain dan jahitannya untuk memastikan tidak ada yang sobek atau lubang, atau jahitannya lepas.

4. Cuci sebelum dipakai
Pastikan mencucinya terlebih dahulu sebelum memakainya.

Selamat ngawul. ^_^

Tidak ada komentar :

Posting Komentar