Senin, 15 Desember 2014

90 Days Project — Belajar Bidding Proyek


#marketplace

Era digital benar-benar dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk mempermudah pekerjaan mereka dan oleh sebagian orang untuk mencari [tambahan] penghasilan. Saat ini di internet ada banyak situs pasar kerja global (marketplace) yang bisa kita datangi, misalnya oDesk, Elance, Projects, dan sebagainya. Di sanalah para pencari kerja (freelancer) dan para pemilik proyek (klien) kerja bertemu. 

Di online marketplace, para pemilik proyek mem-posting proyek (pekerjaan) beserta budget yang mereka miliki dan deadline pengerjaan proyek. Para freelancer akan menawar proyek tersebut. Freelancer juga perlu membuat portofolio yang bisa dilihat oleh klien supaya mereka bisa melihat kapasitas dan kesesuaian freelancer dengan proyek mereka. 

Satu proyek biasanya di-bid (ditawar) oleh banyak freelancer. Di sinilah tantangannya. Oleh karena itulah portofolio sangat penting. Dan ketika seorang freelancer bisa memenangkan sebuah proyek, hal itu akan tercatat dalam profilnya. Ini bisa menambah nilai plus ketika ia mem-bid proyek selanjutnya.

***

Salah satu wishlist saya tahun ini adalah belajar mem-bidding proyek di online marketplace. Wishlist ini dibuat berangkat dari kesadaran akan perlunya belajar online marketplace (sebenarnya ini anggapan saya sendiri hehe). 

Sebagai langkah awal, saya nge-bid di marketplace ala Indonesia (berbahasa Indonesia, pemasang proyek juga orang Indonesia), yaitu di Projects. Proyek yang saya bid tentu saja yang sesuai dengan keterampilan saya. Ternyata tidak serumit yang saya bayangkan. 

Sampai saya membuat tulisan ini, proyek yang saya bid masih terbuka untuk di-bid. Tercatat sudah ada 58 bidders untuk proyek yang sama. (Waduuh, banyak sekali). Klien belum menentukan siapa “pemenangnya”. Sudah nge-bid tentu saja saya berharap menang, tetapi jika tidak menang pun tak apa. Selalu ada momen “pertama kali” untuk segala sesuatu. Dan pengalaman nge-bid ini adalah salah satunya. Saya anggap ini bagian dari proses belajar karena memang sedang belajar. Hehe.

Semangaat.




Tidak ada komentar :

Posting Komentar