Minggu, 14 Desember 2014

90 Days Project — Lotus Creative Project

#happywriting

Tempo hari di Vanilla (tempat persewaan buku di dekat kantor saya) saya bertemu dengan buku yang menarik. Menarik karena buku tersebut bisa menjadi sarana latihan bagi siapa saya yang ingin belajar menulis kreatif.


Detail buku :
Judul : Little Stories – Lotus Creative Project
Penulis :  Adeste Adipriyanti, Faye Yolody, Rieke Saraswati, Rinrin Indriane, Vera Mensana,
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Cetakan : Februari 2014
Tebal : 264 hlm


Sebenarnya buku itu berisi kumpulan cerpen yang ditulis oleh lima perempuan muda yang belajar menulis di bawah bimbingan Maggie Tiojakin. Mereka yang menjalani kursus menulis kreatif (Lotus Creative) secara delapan minggu tersebut adalah Adeste Adipriyanti, Rinrin Indrianie, Vera Mensana, Faye Yolody, dan Rieke Saraswati.

Cerpennya bagus-bagus. Ada yang mengharukan, tetapi ada juga yang mengerikan. Benar-benar bisa dipakai sebagai sarana belajar. Berikut adalah tema-tema yang tertulis di dalamnya. Dari instruksi yang diberikan, siapa saja bisa ikut berlatih menulis kreatif. Saya juga pengin mencoba.

Tema Kuliner
Instruksi: Tulislah cerita yang menggunakan makanan sebagai bagian dari penyampaian cerita. Kalian punya kebebasan menempatkan "porsi" makanan di dalam cerita (baik itu sebagai fokus utama, latar, karakter, atau hanya pemanis)—tapi makanan tersebut harus punya peran signifikan dalam memajukan alur cerita.

Tema Prompter
Instruksi: Tulislah sebuah cerita dengan menggunakan salah satu di antara dua prompter (kalimat awalan): a) Aku lemparkan buku itu ke sungai yang mengalir deras; b) Ezra menghubus pisau dapur ke arahku.

Tema Demonstrasi
Instruksi: Tulislah sebuah cerita dengan tema besar demonstrasi. Adegan demonstrasi itu sendiri tidak perlu menjadi pusat perhatian, bisa digunakan sebagai latar. Demonstrasi apa? Terserah. Namun, porsinya harus sesuai dengan perkembangan cerita yang ditulis.

Tema Bebas
Instruksi: Tulislah cerita dengan tema bebas.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar