Rabu, 18 Mei 2016

The Major Minor Details

#manusia.yang.terbuat.dari.semangat

Details create the big picture. — Sanford I. Weill
Sanford I. Weill
Read more at: http://www.brainyquote.com/quotes/quotes/s/sanfordiw283124.html?src=t_details
Sanford I. Weill
Read more at: http://www.brainyquote.com/quotes/quotes/s/sanfordiw283124.html?src=t_details


Major Minor Details — hal-hal kecil di sekitar kita sehari-hari ternyata sangat berarti. Yang manis, yang pahit, yang manis banget, yang pahit banget ... semuanya sangat berarti. Orang yang merasa hidupnya biasa saja, datar saja, saya tidak percaya dia tidak menyadari detail-detail ini. 

Ungkapan Minor Details sebenarnya judul lagu Sondre Lerche (kovernya ada di bawah). The Dusty Sneaker memparafrasekan lirik lagu tersebut dengan sederhana: 
Ia bernyanyi tentang semua detail yang kelihatannya kecil tetapi sesungguhnya besar (berarti) karena merepresentasikan segenap perasaan yang tak terkatakan dan membukakan seluruh kenangan. Ombak yang pecah, pagi yang berkabut, matahari yang bersinar ......

Terlalu Banyak & Istimewa
Orang yang biasa berjalan (melakukan perjalanan) dan sedang berada di tempat yang jauh dari rumah pasti sangat merasakan bahwa begitu banyak hal kecil yang sangat berpengaruh dalam perjalanan mereka, obrolan, orang-orang, tempat, makanan, pertengkaran, tawa, air mata, perasaan sendiri, dan semua interaksi yang mereka jalin.

Dan karena sejatinya hidup adalah perjalanan, pasti kita masing-masing memiliki major minor details di sepanjang jalan yang kita lalui. Orang-orang yang kita jumpai, orang yang kita kasihi, orang yang membenci kita, orang yang kepadanya kita merasa bisa menceritakan segala sesuatu, orang yang kepadanya kita menahan segala sesuatu, orang yang "hanya" lewat dalam kehidupan kita, orang-orang yang menyentuh kehidupan kita dengan caranya (You'll Never Know When Someone Comes In And Press Play On Your Paused Life --> ini judul album Pandji Pragiwaksono, hehehehe). 

…. Belum lagi detail-detail di luar itu (perasaan, sikap, respons, tindakan, pilihan-pilihan). Begitu banyak, terlalu banyak malah, untuk dihitung satu per satu. Semuanya membentuk, mewarnai, dan mungkin juga mengubah kita; menyusun gambaran besar kita. 

Tidak ada detail yang tidak ada artinya.

Mari membuat detail yang baik dan menyenangkan supaya gambaran besar kita juga baik dan menyenangkan. 

Dan ...

Semoga saya menjadi detail yang baik dan menyenangkan dalam gambaran besar Anda.

Semangat!

1 komentar :

  1. detailllll huhuhuhu kemungkinan aku terlalu detail, jadi susah move on hahahaha..mbaaa...kereeen

    BalasHapus