Selasa, 25 Oktober 2011

Bernostalgia dengan Radio Online

Gandrung banget sama yang satu ini.

Televisi, internet, gadget terbaru dan tercanggih, juga media hiburan lainnya nyata sekali semakin meminggirkan radio sebagai sarana hiburan dan informasi yang murah meriah dan merakyat. Apalagi radio transistor, he he.

Masih lekat di ingatan, dulu sewaktu SD, setiap bangun tidur pagi hari, ibu sudah sibuk di dapur sambil mendengarkan radio. Dari siaran berita, lagu rohani, sampai sandiwara radio pagi. Kita pasti akrab sekali dengan Tutur Tinular, Ibuku Malang Ibuku Tersayang (welleh, saya bahkan masih ingat soundtracknya), Greatest Memories, dan acara favorit lainnya.

Seiring waktu berlalu, radio pun rasanya semakin menjauh. Oleh karena itu, ketika muncul radio online ... badalahhh ... rasanya terjawab rindu itu.

Mendengarkan radio online tidak hanya membuat kita seperti terhubung dengan masa lalu, tetapi juga membuat saya pribadi seperti terhubung dengan dunia luar. Maksud saya, selama kira-kira delapan jam di kantor dan berkutat dengan pekerjaan yang tidak pernah habis, mendengarkan radio membuat kita "tahu" dunia luar, mendengar "suara dari luar". Selain itu, mendengarkan radio membuat pikiran dan perasaan menjadi ringan. Pekerjaan setumpuk bisa dihadapi dengan baik ketika suasana hati mendukung, dan mendengarkan radio (bagi saya) bisa membangun suasana hati tersebut.

Dari radio, kita tahu berita terbaru yang sedang hangat. Memang kita bisa membaca semua berita di berbagai situs web, tetapi mendengarkan berita radio tetap terasa berbeda. Favorit saya adalah jogjastreamers; situs web yang saya buka pertama kali sebelum email, facebook, twitter, dan lain-lainnya. Saya bisa mendengarkan lagu-lagu lawas, lagu remaja, lagu terbaru, sampai talkshow yang menarik dan tidak menarik (subjektif sekali he he).


Keunggulan mendengarkan radio (terutama berita) online adalah saya bisa melakukannya sambil bekerja (mengedit atau menulis). Lain dengan membaca berita yang mengharuskan saya mengerahkan indera yang pada saat yang sama sebenarnya bisa saya gunakan untuk bekerja. Jadi, sambil bekerja saya bisa mengupdate informasi terbaru melalui radio online.

Memang beginilah seharusnya perkembangan teknologi. Tidak sekadar menawarkan kemudahan, tetapi juga meningkatkan efisiensi tanpa meminggirkan urusan hati dan memori ... *hallahh* he he

Tidak ada komentar :

Posting Komentar