Senin, 06 Februari 2012

200 Tahun Charles Dickens [1]: Google Doodle

“There is nothing in the world so irresistibly contagious as laughter and good humor.”  ― Charles Dickens, A Christmas Carol


200 tahun lalu, 7 Februari 1812, “calon” penulis besar dunia, Charles Dickens , lahir di Inggris. Nama lengkapnya Charles John Huffam Dickens. Ia dikenal sebagai penulis roman dan reformis pada era Ratu Victoria. Banyak tulisannya yang mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi sosial masyarakat ketika itu. Hingga sekarang, karya-karyanya masih banyak dibaca dan diadaptasi.

Google doodle hari ini didedikasikan khusus untuk merayakan dua abad Dickens. Doodle yang istimewa karena tersusun dari beberapa karakter dalam novel Dickens, seperti Scrooge (karakter atau tokoh utama dalam novel, film, dan drama A Christmas Carol), Bob Cratchit (pegawai Ebenezer Scrooge yang hidupnya menderita dan diperlakukan sewenang-wenang), juga karakter-karakter dari novel yang lain, misalnya dari Great Expectations, A Tale of Two Cities, Little Dorrit, dan sebagainya. Semuanya dipadukan bersama latar belakang yang khas dan huruf g-o-o-g-l-e yang senada. Jika gambarnya di-klik, Google akan langsung menampilkan link-link “menuju” karya-karya Dickens.




Google selalu membuat doodle untuk tokoh-tokoh terkenal, atau peristiwa tertentu, dan hari raya tertentu. Penulis besar lain yang juga pernah di-doodle-kan oleh Google, antara lain Mark Twain yang kondang dengan The Adventures of Tom Sawyer dan The Adventures of Huckleberry Finn.

dari cerita The Adventures of Tom Sawyer


Juga, sastrawan besar Rusia Fyodor Dostoyevsky.

^_^

2 komentar :