Kamis, 06 November 2014

90 Days Project — Global Culture Festival


#perjalanan

Kamis, 6 November 2014, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) kembali mengadakan Global Culture Festival (GCF) di GOR UNY. Ini adalah GCF ke-7, tetapi menjadi GCF pertama yang saya datangi. Hehe.

Acara yang diprakarsai oleh Kantor Urusan Internasioal dan Kemitraan UNY ini sangat menarik dan menyedot perhatian. Sayang, saya datang agak terlambat, jadi tidak sempat menyaksikan Parade Budaya yang membuka acara GCF ini. 

Tema GCF adalah promoting education and nurturing diversity. Rangkaian acaranya antara lain terdiri dari International Students Go to School; Parade Budaya; Day Festival 30 Negara, Budaya, dan Rasa; Night Festival (pertunjukan budaya dari 30 negara, 7 November 2014).

Ada banyak foodstand dari 30 negara dan daerah-daerah di Tanah Air. Di masing-masing booth, tidak hanya ada makanan yang bisa dicicip secara gratis, tetapi ada juga peserta-peserta berpakaian daerah. Suasana semakin seru karena para mahasiswa yang terlibat dalam acara ini melukis pipinya dengan warna bendera negara booth mereka. Ada Singapura, Thailand, Fiji, Australia, Serbia, Hungaria, Polandia, Korea, Tiongkok, Denmark, Jerman, Kalimantan Timur, Sumatera Selatan, Papua, Riau, Mentawai, dan masih banyak lagi. Booth Korea Selatan banyak bingit peminatnya. Eheem … hehehe 

Ada juga pameran karya mahasiswa international, info beasiswa, book charity, juga pertunjukan nusantara seperti tari-tarian, dan juga permainan tradisional.

Acara seperti ini sangat bagus untuk mempertemukan berbagai keragaman mahasiswa Jogja dari seluruh nusantara dan mancanegara. Dan dengan tetap mengangkat kearifan lokal, acara seperti ini dapat meningkatkan semangat persatuan dan saling menghargai. Semoga.

Seru banget pokoknya. Saya kebagian makan gratis Island Salad di booth Fiji, yeayy. Sayang tidak bisa berlama-lama. Kalau tahun depan ada lagi acara begini, sayang dilewatkan.

Pintu masuk, banyak yang selfie di sini.

Batik

Salah satu sudut booth Fiji

Tari Jejer Gandrung Banyuwangi

JuMeokBap, masakan Korea

Booth Korea, banyak peminatnya

Pelajar Papua berfoto di booth Fiji

Peserta festival


Topeng batik dan angklung

Tidak ada komentar :

Posting Komentar