Senin, 17 November 2014

90 Days Project — Kopi Serai ++

#kuliner

Dulu waktu masih tinggal di Jogja (perasaan sering banget frasa ini muncul ... #gagalmoveon), kalau hawa sedang dingin-dinginnya begini, sering banget malam-malam meluncur ke angkringan Kadipaten (pasar Ngasem ke arah Barat, menuju Taman Sari) mencari yang hangat-hangat. Ini adalah angkringan favorit kami setelah Angkringan Teh Poci Lik Min (daerah Bugisan, di pinggiran Kali Winongo).

Di Angkringan Kadipaten, menu makanannya sih standar seperti angkringan pada umumnya. Tapi ada menu minuman favorit saya, yaitu kopi serai susu jahe. Setiap kali ke sana, minuman itu selalu menjadi pesanan utama. Namun, sejak Angkringan Kadipaten pindah tempat, kami jarang ke sana. Apalagi sejak kami tidak lagi tinggal di Jogja (tuh, kan, muncul lagi).

Akhir-akhir ini, pas hawa lagi dingin-dinginnya begini, saya kangen banget dengan menu Angkringan Kadipaten. Pengen ke sana, tapi kok jauuuh. Akhirnya, kemarin memutuskan untuk membuat sendiri kopi serai susu jahe. Cocok banget diminum saat sering hujan seperti sekarang ini. Kopi susunya menyegarkan. Jahenya menghangatkan dan menolak flu. Serainya menghilangkan capek.

Porsi saya:
- kopi hitam: 1 sdm
- susu kental manis: 2 sdm
- jahe: satu ruas besar (dicuci, dibakar, dikupas, digepuk)
- serai: 1 batang (keprek bagian pangkalnya)
- gula (optional. Saya tidak pakai gula karena saya sudah manis. *timpuk* :D
Maksud saya, susunya sudah manis, jadi tak perlu tambahan gula lagi)  

Meracik:
1. Masukkan kopi, susu, dan jahe ke dalam cangkir.
2. Tuangi dengan air mendidih.
3. Aduk dengan batang serai.
4. Diamkan sebentar supaya jahe dan serai beraksi. *hallah*
5. Kopi serai susu jahe siap dinikmati.

Selamat mencoba.







Tidak ada komentar :

Posting Komentar