Minggu, 09 November 2014

90 Days Project — Suara Cerita



#mengenal_lebih_dekat

Beberapa hari yang lalu menemukan sesuatu yang menarik di Soundcloud. Nama akunnya suaracerita.

Semua track Suaracerita di Soundcloud adalah tentang musikalisasi cerita dengan backsound. Ada yang semacam monolog kontemplatif. Ada juga tentang potret hidup yang dikemas dalam bentuk musikalisasi cerita. Saya langsung terbayang siaran radio waktu zaman sekolah dulu; ada greatest memories, dear diary, dan semacamnya. 


Ajari aku menggunakan pena. Akan kutulis gemercik air, udara dingin, kabut senja, sampai daun gugur. Semua track selalu didahului dengan kalimat itu. Mungkin itu adalah signature mereka. Sukak.

Dari yang saya baca-baca, Suaracerita ternyata adalah proyek kolaborasi antara Kurniawan Gunadi dan Alfina Subiantoro, seorang penulis dan dokter gigi. Dan itu dilakukan dengan komunikasi jarak jauh karena mereka tinggal di kota yang berlainan. Seluruh narasi dalam suaracerita diambil dari tulisan-tulisan dalam kurniawangunadi.tumblr.com. Beberapa di antaranya juga sudah dimuat dalam buku Hujan Matahari (Kurniawan Gunadi). 

Benar-benar beda. Keren. Tengoklah dan coba dengarkan. Bisa jadi ada cerita yang sangat mirip dengan kita. Bisa jadi juga ada cerita yang menginspirasi kita untuk menulis, entah puisi atau fiksi. Kalau ada yang sedang berhadapan dengan writer's block, Suaracerita mungkin bisa membantu merontokkannya. 

Ini salah dua yang saya suka.



2 komentar :

  1. Salam kk :)
    kyaknya kita punya selera yang sama deh ,, hhe
    Mampir balik yaa kk rahmichairani.blogspot.com

    BalasHapus
  2. *tos*
    hehehe.
    Okee, tunggu aku mampir ya. :D

    BalasHapus