Senin, 30 Januari 2012

Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya





Judul: Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya
Penulis: Ajahn Brahm
Penerbit: Awareness Publication
Jml. hal. : xvi + 308

Don't judge a book by its cover.
Untuk buku ini saya tambah: Don't judge a book by its title. Judul buku ini memang membuat kita otomatis membayangkan cacing dan kotorannya. Tidak menarik. Tapi, jangan salah.


Buku ini ditulis oleh ilmuwan muda, cerdas, dan berbakat yang meninggalkan semua kenyamanan hidup untuk menjadi seorang biksu di Thailand. Kehidupannya yang begitu bersahaja sebagai biksu dan lingkungan wihara yang damai membuatnya menemukan ketenangan dan kedamaian yang sesungguhnya. Ia memaknai setiap pengalaman dan kejadian dalam hidupnya secara sederhana, tetapi mendalam dan menyentuh.

Sebagai biksu, ia acap kali bepergian ke luar kota, ke luar negeri, atau menjadi pembicara. Semua pengalaman, perjalanan, dan perjumpaannya ia tulis dalam buku ini. Setiap tulisannya singkat, tetapi sarat makna dan pembelajaran. Sering kali, bahkan diselingi dengan humor segar. Kata-kata yang dipakai sederhana, tidak muluk-muluk, tetapi setiap kali selesai membaca satu tulisan, saya selalu menarik kedua sudut bibir saya, tersenyum. Tersenyum mengiyakan ataupun tersenyum menertawakan diri sendiri. Mantap!

Ia menuturkan dengan lugas dan cerdas, sekaligus bernas mengenai hal-hal yang terjadi dalam kehidupannya sehari-hari, pun kehidupan kita. Bagaimana kita menyikapi kesempurnaan, kesalahan, bahkan kegagalan. Bagaimana kita membina cinta dan komitmen. Bagaimana kita mengatasi rasa sakit dan takut. Bagaimana kita menghadapi kemarahan dan memaafkan. Bagaimana kita menciptakan kebahagiaan kita sendiri. Bagaimana kita menghadapi penderitaan dan kematian. Semuanya begitu dekat dengan keseharian kita. Namun, cara Ajahn Brahm menuturkan dan menyelipinya dengan nilai-nilai hidup begitu menyentuh sampai ke kedalaman hati.

Lalu kenapa "Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya"? "Si Cacing dan Kotoran Kesayangannya" hanyalah satu cerita di antara 107 cerita lain dalam buku ini. Cerita yang memungkas buku ini menjadi senarai kisah yang bersahaja dan bermakna.

Inspiratif!

Tidak ada komentar :

Posting Komentar