Sabtu, 21 Januari 2012

Tampak Sepuluh Tahun Lebih Muda ....

Beberapa hari yang lalu saya ke Mirota Kampus. Seorang ibu setengah baya, "tidak kurus", antre di depan saya (di kasir). Dia membeli produk pelembab yang harganya mencapai seratus ribu. Mahal menurut ukuran saya … hehe. Sewaktu melihat satu-satunya barang yang dibelinya itu kontan saya teringat iklan produk itu di TV: membuat Anda tampak sepuluh tahun lebih muda. Jadi mikir-mikir, kalo saya memakai produk itu, berarti saya akan tampak berusia 20 tahun, baru saja lulus kuliah. Hhhmmm ….

Jadi teringat kisah seorang ibu yang menyesali hobinya ke salon kecantikan setelah merasakan akibatnya sekarang. Ini benar-benar kisah nyata dan ceritanya dituturkan olehnya sendiri. Tapi, identitas dirahasiakan ya, demi kemaslahatan bersama … hallahh ….

Dia berusia 30-an tahun, kulitnya putih. Tetapi dengan mata berkaca-kaca, dia mengatakan bahwa dia sedih dan prihatin dengan wajahnya yang tidak mulus dan dipenuhi jerawat. Sewaktu masih sekolah dulu, dia tidak pernah memakai produk-produk kecantikan, apalagi ke salon, tetapi wajahnya halus dan mulus, tidak bermasalah. Namun, pergaulan dan gaya hidup membuatnya tergiur untuk ikut teman-temannya nyalon. Sekali dua kali, dia puas dengan hasilnya karena kulit wajahnya benar-benar mulus. Tapi, setelah itu dia mendapati wajahnya berjerawat dan bermasalah. Semua upaya sudah ditempuh untuk mengembalikan kondisi kulit wajahnya, tetapi sampai sekarang belum ada hasil. Dia benar-benar sedih. Saya benar-benar tercenung mendengar kisahnya.

Yahh … mungkin itu salah satu dampak bila setiap hari kita disodori tayangan televisi tentang orang-orang yang sangat peduli dengan penampilan fisik. Siapa coba yang tidak pengen punya kulit bening, cerah, nan mulus. Saya juga mau itu hehehe. Buntutnya, tua dan keriput menjadi begitu mengerikan dan sebisa mungkin dihindari, apalagi tua sebelum waktunya … hehe … maksud saya premature aging alias penuaan dini. Tidak heran kalo produk-produk anti aging laris manis di pasaran.

Beda banget sama perempuan-perempuan Prancis. Saya pernah membaca di Kompas tentang rahasia cantik dan seksi mereka, yaitu mereka tidak takut tua. Para perempuan Prancis justru menganggap bahwa proses penuaan merupakan salah satu bentuk keseksian mereka dan sama sekali bukan hal yang menakutkan. Mereka juga tidak terlalu menyukai perawatan anti aging. Waahhh….

Lady Dior, Marion Cotillard [Kompas.com]


Selain itu, mereka juga menikmati makanan, tanpa pusing memikirkan berat badan, asalkan diimbangi dengan olahraga. Buat saya ini terdengar teoretis … hehe …. Tapi mendengar seloroh bahwa tidak ada perempuan Prancis yang gemuk, saya jadi berpikir ulang untuk menyebut itu teoretis (meskipun saya belum pernah ke Prancis dan membuktikannya). Dalam logika saya, mungkin karena mereka santai, tidak khawatir berlebihan soal berat badan, mereka menjadi easy going; mengarahkan energi dan waktu untuk hal-hal yang lebih penting. Ini membuat mereka memiliki waktu luang untuk berolahraga dan bersantai, istirahat menjadi lebih nyenyak, tidak mudah stres. Semua itu akan memengaruhi keseimbangan hormon di dalam tubuh. Dan jadilah mereka perempuan yang selalu cantik, langsing, dan segar. Ini analisis saya sendiri lhoooo … :D

Eh, masih ada satu lagi rahasia cantik mereka, yaitu mereka sering berhubungan seks dengan pasangan (baca: suami) .... Ups!  Bahkan para perempuan setengah baya pun masih sering berhubungan seks dengan suaminya. Tua dan keriput bukan halangan, Saudara-saudara …. Naaahhhhhhh ….
Inspiratif ya? Hehehe…

Kalau saya, cukup mengingat pesan simbah: menjadi tua itu pasti, tetapi memiliki semangat muda itu pilihan …. hehehe … ^_^

Tidak ada komentar :

Posting Komentar